RINGKASAN DISKUSI TENTANG REKENING BERSAMA DI KOMPASIANA TV OLEH: ANDREW DARWIS (Founder Kaskus) RUBI ALAMSYAH (Pengamat Multimedia)


1 RINGKASAN DISKUSI TENTANG REKENING BERSAMA DI KOMPASIANA TV OLEH: ANDREW DARWIS (Founder Kaskus) RUBI ALAMSYAH (Pengamat Multimedia) DONI ABDUL HALI...
Author:  Irwan Kusumo

0 downloads 0 Views 338KB Size

Recommend Documents


No documents


RINGKASAN DISKUSI TENTANG REKENING BERSAMA DI KOMPASIANA TV OLEH: ANDREW DARWIS (Founder Kaskus) RUBI ALAMSYAH (Pengamat Multimedia) DONI ABDUL HALID (Pengamat Perbankan) OKI BUDI (Pengguna Rekening Bersama) Link: URL & URL

ANDREW DARWIS (Founder Kaskus)  Bagaimanakah peran kaskus dalam adanya transaksi yang menggunakan rekening bersama pada FJB Kaskus?  Kaskus sebagai wadah. Karena kaskus itu user to user.  Bagaimanakah member kaskus baik penjual maupun pembeli memilih Rekber sebagai media transaksi pada FJB Kaskus?  Orang memilih rekber berdasarkan reputasi rekber di kaskus. RUBY ALAMSYAH (Pengamat Multimedia)  Bagaimana pandangan anda mengenai konsep rekening bersama ini?  Konsep rekening bersama ini terjadi karena adanya kepercayaan, atau bisnis kepercayaan dalam transaksi. Jadi masih sangat rentan akan adanya resiko karena belum adanya regulasi yang jelas yang mengatur tentang rekber.

 Apakah proteksi untuk menggunakan layanan bisnnis online termasuk rekber di indonesia sudah mengakomodasi kebutuhan?  Belum optimal, karena belum ada regulasi yang jelas dari pemerintah tentang salah satu metode payment gateway ini, karena payment gateway ini belum resmi.  Menurut anda, bagaimanakah seharusnya seorang pembeli dan penjual menentukan pilihan dalam memilih rekber yang baik?  Dalam memilih rekber, melihat dari belum adanya regulasi perizinan payment gateway seperti rekber ini, dalam memilih kuncinya adalah bagaimana kita melihat apakah rekber ini official atau bukan official, jadi jangan hanya memilih karena reputasinya. Artinya, kalau kita memilih yang official berarti kan ada yang bertanggung jawab di belakangnya jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan. DONY ABDUL CHALID (Pengamat Perbankan)  Adakah regulasi hukum tentang rekening bersama?  Belum ada payung hukum, untuk kedepannya mungkin harus di ciptakan payung hukum untuk rekber  Bagaimanakah perputaran uang yang ada dalam transaksi yg menggunakan rekber ?  Pasarnya kalau dilihat dari trend sudah cukup besar transaksinya. Perputaran uangnya cukup cepat dan besar.  Apakah untuk regulasi perizinan rekber layak untuk dibuat?  Untuk regulasi mengenai perizinan rekber itu harusnya di atur khusus oleh ojk, karena dilihat dari realitanya, perputaran transaksinya sudah cukup cepat dan besar, dilihat dari tujuannya juga cukup bagus, untuk kenyamanan dan keamanan transaksi.

OKI BUDI (Pengguna Rekening Bersama)  Bagaimanakah cara anda menentukan keputusan dalam memilih rekber mengingat belum adanya regulasi yang jelas tentang rekber?  Memilih rekber berdasarkan reputasi

BERITA WAWANCARA Narasumber

: Nufi Khairun (Pembeli)

Tempat

: Kediaman Pembeli

Hari/Tanggal : Selasa / 30 Mei 2017

1. APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG REKBER? Rekber itu adalah salah satu metode transaksi pada jual beli online, sebagai pihak ketiga dalam transaksi. 2. BAGAIMANA CARA KERJANYA? Cara kerjanya begini, kita asumsikan penjual dan pembeli sudah deal harga dan metode transaksinya menggunakan rekber. Langkahnya, pembeli mentransfer uang ke rekber kemudian rekber menginstruksikan kepada penjual agar mengirim produk yang di jualnya kepada pembeli, jika barang sudah diterima pembeli dan barangnya sesuai, pembeli akan menginformasikan kepada rekber bahwa barangnya sudah diterima dan kemudian menginstruksikan kepada rekber untuk me refund dananya kepada penjual. 3. APA KEUNTUNGAN BAGI PEMBELI? RekBer sebagai pihak ketiga berperan mengawal progress transaksi online Anda. Jadi transaksi akan lebih aman dan efektif. 4. BERAPA BIAYA NYA? untuk fee rekber bermacam-macam, sesuai kebijakan rekber yang kita pakai nantinya. Fee ini dapat ditanggung oleh pembeli atau penjual, dapat juga ditanggung kedua belah pihak, tentunya setelah ada kesepakatan antara pembeli dan penjual. 5. BARANG APA YANG BISA DI TRANSAKSIKAN DI REKBER?

Mulai dari software, domain, console game, hardware komputer, handphone, Blackberry, iPad, sepatu, baju, dll. Selama barang tersebut tidak melanggar undangundang yang berlaku di Republik Indonesia dan di daerah masing-masing. 6. KAPAN PENJUAL MENERIMA PEMBAYARANYA? Apabila barang telah diterima dan dinyatakan berstatus “OK” oleh pembeli 7. BERAPA LAMA BIASANYA PROSES INI BERLANGSUNG? Tergantung dari cepat tidaknya progress dan respon yang dilakukan oleh pembeli maupun penjual. Untuk proses transfer dana ke penjual biasanya maksimal 1×24 jam setelah pembeli mengkonfirmasi status bahwa transaksi telah “OK” 8. BAGAIMANA JIKA PENJUAL MENGIRIMKAN BARANG TAPI TIDAK ADA ISINYA? RekBer tidak dapat menjamin bahwa keadaan tersebut tidak akan terjadi. Untuk itu, sebagai pembeli saya memberikan saran agar pembeli membuka paket di depan kurir logistik agar ada minimal 2 saksi. Jika hal tersebut tetap terjadi, maka RekBer akan menjadi penengah dan tetap menahan dana tersebut sampai ada kesepakatan dari kedua belah 9. SIAPA YANG MEMBAYAR ONGKOS KIRIM? Hal ini wajib dibicarakan terlebih dahulu antara pembeli dan penjual. Fasilitas RekBer hanya dapat dilakukan jika kedua belah pihak telah setuju mengenai Ketentuan yang berlaku di RekBer 10. BAGAIMANA

JIKA

BARANG

TIDAK

DI KIRIM

TETAPI

PENJUAL

“mengkonfirmasi” BAHWA BARANG TELAH DIKIRIM ? Biasanya RekBer akan menghubungi penjual untuk meminta bukti pengiriman. Jika dalam waktu 3 hari kerja sejak penerimaan dana oleh RekBer tidak ada kabar berita, RekBer akan mengembalikan dana pembeli, setelah dipotong fee.

11. BAGAIMANA JIKA BARANG TIDAK SESUAI PERJANJIAN? Untuk itulah pentingnya pembeli dan penjual saling memberikan informasi yang akurat dan benar. Sangat disarankan untuk menulis hal-hal yang disepakati seperti di situs/thread kaskus. 12. APAKAH PEMBELI DAPAT MENOLAK BARANG? Barang dapat ditolak jika barang tidak dalam keadaan yang sudah dijanjikan oleh penjual. Dana akan dikembalikan setelah dipotong fee kepada buyer, setelah ada konfirmasi barang diterima kembali oleh penjual (dapat dibuktikan dengan resi ke jasa logistik). Barang tidak dapat dikembalikan, apabila pembeli merasa warna tidak cocok, terlalu kecil, atau tiba-tiba butuh uang sehingga membatalkan transaksi secara sepihak. 13. APAKAH IDENTITAS, ALAMAT, NO REK BANK (baik pembeli dan penjual) AKAN DI KETAHUI ORANG LAIN ? Tidak. Informasi tersebut hanya digunakan oleh administrator RekBer untuk mengirimkan dananya.

Narasumber

Pewawancara

Nufi Khairun

Fahmi Nahar Maulana

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Yang membuat daftar riwayat hidup ini : Nama

: Fahmi Nahar Maulana

NIM

: 102411044

Tempat, Tanggal Lahir

: Kendal, 08 Januari 1993

Nama Orangtua Ayah

: HM. Zakariya Anshori

Ibu

: Hj. Musthofiyah

Alamat

: Jl. Napaktilas KM.01 Pamriyan Kec. Gemuh Kab. Kendal 51356

Riwayat Pendidikan Formal

: :

a. TK Tunas Harapan

(1997-1998)

b. SD Negeri Pamriyan

(1998-2004)

c. Madrasah Tsanawiyah NU 08 Gemuh Kendal

(2004-2007)

d. Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Yogyakarta

(2007-2010)

Non Formal

:

a. Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Kendal b. Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta

Life Enjoy

" Life is not a problem to be solved but a reality to be experienced! "

Get in touch

Social

© Copyright 2013 - 2019 TIXPDF.COM - All rights reserved.